Pilih - Pilih Teman


Teman adalah orang yang sangat berpengaruh dalam hidup kita, yang mengisi kekosongan, memberikan gurauan, maupun hiburan. Teman juga mempengaruhi akan jati diri kita.

“ Anda hari ini, adalah cerminan Anda 5 tahun mendatang. Dan semuanya dapat dipengaruhi minimal oleh 3 faktor, siapa Sahabat Anda hari ini, apa yang anda baca, dan apa yang Anda tonton hari ini”.
( Setia Furqan Khalid )

Teman sangat penting dalam kehidupan kita. Dan orang lain pun tidak menilai diri kita dari kita melainkan dari teman-teman kita. Jika teman kita peminum pasti orang menilai kita peminum juga, tapi jika kita berteman dengan ustadt pasti orang menilai kita orang yang alim juga. Teman juga berpengaruh dengan pendapatan kita diakan datang , kita mempunyai 2 orang teman yang pertama gajinya Rp1.000.000,- dan teman yang kedua gajinya Rp2.000.000,- jadi bisa diperkirakan gaji kita sekitar Rp1.500.000,-. Memang teman sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita.

Namun sekarang banyak remaja yang hanya berteman dengan orang-orang kaya saja, memandang seseorang hanya karena harta. Saat melihat temannya yang sedang lagi banyak uang, Ia langsung mendekatinya seakan-akan Dia adalah teman terbaik yang pernah dimilikinya , tapi ketika temanya mendapat musibah, Dia langsung pura-pura mengenal kita lagi. Sebagai Remaja muslim harusnya memilih teman yang akhlaknya baik, pintar, sehingga kita mendapatkan ilmunya walaupun sedikit.

Teman yang baik adalah teman yang menemani kita saat senang maupun sedih, tidak sekedar saat senang saja. Dan untuk menjadi sahabat sejati hendaknya kita mengehtahui ciri-ciri teman kita, seperti: umur, kelas, makanan dan minuman kesukan dll. Sebagai makhluk sosial manusia tidak bisa hidup tanpa orang lain seperti teman yang mengisi kekosongan, teman yang selalu setia menghibur kita dikala sedih, serta dijadikan sebagai pelengkap untuk melakukan sesuatu. Ketika kita hendak berman bulutanggkis pasti akan lebih menyenangkan  jika kita memiliki teman bermain, tidak sendirian . Hidup tanpa teman terasa hampa bagaigaikan makan tanpa garam.

Ada sebuah kisah yang bagus tentang sahabat. Pada suatu hari di padang pasir yang luas ada dua orang sahabat yang sedang berjalan , tiba-tiba teman yang satu lagi menamparnya, praak, dengan kesal temannya bertanya :” kenapa kau memukulku” lalu dengan kemarahan yang masih tersisa Ia pun menulis di padang pasir yaitu “ Hari ini sahabat terbaikku menamparku”, setelah berjalan jauh akhir mereka berada di penggiran sungai dan hendak menyebrang ke sebrang sungai, tapi dengan tak disengaja teman yang marah tadi terpleset dan hendak hanyut ,namun dengan segera sahabat yang satu lagi bergegas menolongnya. Ketika sampai di seberang jalan sahabat yang terpeleset langsung berdiri dan mendekati sebuah batu, lalu menulis “hari ini sahabat terbaikku menyelamatkan nyawaku”.

Sahabat yang sangat luar biasa diceritakan dalam cerita di atas ,ketika salah temannya ditulis di atas padang pasir yang kalau diterpa angin akan terhapus, tetapi jika sahabatnya membuat kebaikan, lalu Ia mengukirnya di atas batu yang tidak kan hilang diterpa zaman.Teman terbaik adalah teman yang berusaha menutupi kekurangan temannya dan berusaha untuk menutupinya. Dan Remaja  haruslah mampu menjadi teman yang enak diajak berbicara, setiap perkataannya harus di jawab jika kita bisa. Jangan jika Temanya cerita tentang sepak bola,tapi kita malah menjawab tentang bulu tangkis, walaupun sama-sama bidang olahraga. Dan siap mendengarkan setiap ceritanya walupun ceitanya panjang-panjang. Serta kita harus mendapatkan ilmu atau mempelajari kelebihannya yang baik-baik.

0 komentar: